Merakit Panel Tegangan Rendah Utama 

Merakit Panel Tegangan Rendah Utama 

Deskripsi

Merakit panel tegangan rendah utama terkadang perlu dilakukan khususnya bagi Anda yang terbiasa dengan bidang kelistrikan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan beberapa material yang umum digunakan dalam merakit.

Artikel

Persediaan sarana distribusi listrik tegangan rendah dari panel tegangan rendah utama (LVMDP) Low Voltage Main Distribution Panel ke panel sub distribusi hingga peralatan merupakan hal yang terkait dengan elektrikal dalam suatu gedung. Pengubahan tegangan menengah PLN (20.000 Volt) menjadi tegangan rendah juga terkait dalam ruang lingkup elektrikal dari suatu gedung yang lebih besar. Tegangan listrik didistribusikan dari saluran tegangan menengah melalui trafo menjadi saluran tegangan rendah pada gedung tersebut. Tegangan rendah yang digunakan oleh gedung terbagi menjadi 3 fase yaitu R,S,T.

Perakitan Panel Bertegangan Rendah

panel cubicle

Panel tegangan rendah utama merupakan panel yang digunakan untuk mendistribusikan daya listrik ke panel dengan tegangan yang lebih kecil kapasitasnya. Panel ini akan menerima daya listrik yang berasal dari trafo kemudian mendistribusikan daya tersebut lebih lanjut kepada panel sub distribusi menggunakan ACB atau MCCB. Sedangkan, fungsi dari panel sub distribusi  adalah menerima daya dari panel utama kemudian mengalirkannya ke alat-alat elektronik. Berikut akan kami informasikan mengenai perakitan panel bertegangan rendah utama.

 

  • Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Perakitan
  • Pastikan panel yang Anda buat aman terhadap bangunan, lingkungan serta manusia.
  • Memenuhi syarat dan fungsi sebagai pusat pengelolaan listrik bertegangan rendah yang akan disalurkan kepada sub distribusi selanjutnya.
  • Sistem pengamanan instalasi listrik terpenuhi dengan baik. Sistem pengamanan ini meliputi pensaklaran hidup/mati daya listrik, pengamanan terhadap beban lebih, hubungan arus singkat, kenaikan tegangan dan penurunan tegangan listrik.
  • Material yang Umum Dibutuhkan dalam Perakitan

 

  • Box panel. Box ini digunakan untuk menempatkan komponen-komponen listrik yang dibutuhkan oleh panel tegangan rendah utama. Dalam beberapa box sudah tercantum proteksi kekuatan mekanik (IK), sertifikasinya, serta proteksi terhadap debu dan air IP (International Protection).
  • MCCB (Moulded Case Circuit Breaker), komponen ini digunakan untuk memutus sirkuit power sub distribusi. Komponen ini dapat melakukan pemutusan sesuai dengan yang Anda inginkan sehingga dapat mengamankan panel dari gangguan arus beban lebih ataupun arus hubung singkat.
  • ACB (Air Circuit Breaker), komponen yang satu ini berfungsi sebagai pemutus sirkuit yang berasal dari sumber listrik. Pemutus arus ini berupa udara, dimana udara pada tekanan atmosfer dapat memadamkan busur api yang disebabkan oleh prosess switching maupun gangguan pada sistem.
  • Volt meter, berfungsi sebagai alat untuk mengukur tegangan sirkuit. Alat ini mampu mengukur tegangan sirkuit satu fase hingga tiga fase.
  • Amperemeter, berfungsi untuk mengukur pemakaian arus listrik pada setiap fase.
  • Lampu indikator, memiliki fungsi sebagai penanda adanya tegangan listrik pada setiap fase.
  • CT (Current Transformator), digunakan untuk mengukur arus yang lewat kemudian mengirimkan nilai arus ke amperemeter.
  • Emergency stop, berfungsi sebagai pemutus aliran listrik jika terjadi sesuatu hal yang darurat. Untuk mengaktifkannya hanya tinggal memencet tombol dan jika ingin mengembalikan arus memutar tombol searah jarum jam atau kearah kanan.

Demikian informasi yang dapat berikan kepada Anda mengenai perakitan panel tegangan rendah. Jika Anda sedang membutuhkan panel bertegangan rendah dan tidak mau repot membuatnya sendiri serta Anda bingung dimana Anda dapat memesannya, Anda dapat menghubungi link berikut https://www.galleoncy.com/ . Anda akan mendapatkan berbagai macam pilihan panel, mulai dari jual panel cubicle, panel LVDMP, Panel SDP, Panel MCC, dan masih banyak yang lainnya, dengan kualitas terbaik sebagai penyedia solusi kelistrikan yang berpengalaman di bidangnya. Semoga membantu.