5 Elemen Penting dalam Web Design

5 Elemen Penting dalam Web Design

Saat Anda menciptakan sebuah website, Anda memerlukan peran dari seorang web designer. Web Designer seringkali akan bekerja dalam kelompok dan meyakinkan tampilan web bisa membuat software bekerja dengan baik. Design yang diciptakan nantinya bisa Anda nikmati melalui tampilan desktop, smartphone, dan lain-lain. Meskipun trend design dalam web sering kali berkembang, tetapi dalam pengerjaanya ada elemen penting yang harus tetap diperhatikan oleh seorang web designer. Untuk memahami elemen penting itu, inilah informasinya.

 

  1. Layout

 

Layout adalah design dasar untuk menciptakan tampilan suatu halaman website. Pembuatan layout web harus mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen design yang bisa mempermudah pembaca dalam memahami informasi yang dikatakan dalam web. Sebagian besar akan menyimak content dari kiri ke kanan, sehingga main post seringkali akan ditaruh di sebelah kiri, sementara side bar ada di sisi kanan.

 

  1. Jenis, warna, dan ukuran Font

 

Mata manusia bisa lebih cepat lelah saat membaca melalui layar, maka pemilihan font juga menjadi hal yang penting. Jenis font yang dipilih biasanya adalah jenis font yang mudah dibaca serta memiliki karakter yang sesuai dengan web yang dibuat. Pilihan warna yang sangat baik untuk body text adalah hitam, atau warna gradasi abu-abu tua. Sedangkan untuk ukuran font yang dipakai dalam body text yakni antara 10-12px.

 

  1. White Space

 

White Space adalah elemen yang bermanfaat untuk membantu mata insan dalam mengorganisasi data. Di dalam suatu halaman web ada begitu banyak  macam informasi, sehingga white space atau ruang kosong dibutuhkan untuk membantu memisahkan elemen-elemen web yang ada.

 

  1. Pemilihan Warna

 

Warna bisa memprovokasi mood seseorang, oleh karena itu warna juga menjadi hal yang penting dalam tampilan web. Hindari pemilihan warna yang terlalu ramai sebab bisa memblokir content dan informasi utama yang ingin disampaikan dalam web.

 

  1. Navigasi

 

Navigasi bisa diartikan sebagai tuntunan untuk mempermudah pembaca dalam menggali kontent yang diinginkan. Ada dua jenis navigasi, yakni linear dan hamburger. Untuk mempermudah pembaca atau pengunjung web, navigasi bisaditaruh di unsur atas layout, bisa di atas atau di bawah header.

 

Sumber : Growing a Business In a Digital World