Mana Yang Lebih Bagus ? Bed Rumah Sakit Manual Atau Elektrik ?

Mana Yang Lebih Bagus ? Bed Rumah Sakit Manual Atau Elektrik ?

Ranjang atau tempat tidur merupakan tempat yang kita gunakan untuk beristirahat setelah lelah beraktivitas selama seharian penuh. Maka dari itu, kita perlu memilih ranjang yang nyaman untuk kita gunakan. Begitu pula dengan orang yang sakit, mereka membutuhkan bed rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena orang yang sedang sakit memiliki kondisi yang berbeda dari orang sehat. Contohnya saja orang yang mengalami patah tulang, maka orang tersebut membutuhkan bed rumah sakit yang memiliki alat bantu atau penyangga yang dapat membantu pasien dapat tidur dengan nyaman dan aman. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis – jenis bed rumah sakit dan memilih mana yang lebih bagus untuk digunakan. Simaklah penjelasannya berikut ini.

 

Jenis – Jenis Bed Rumah Sakit

Jenis bed rumah sakit yang disediakan oleh rumah sakit biasanya tergantung pada jenis kamar dan pelayanan yang dipilih oleh pasien. Setiap rumah sakit juga memiliki standar yang berbeda beda. Namun, secara umum bed rumah sakit terbagi menjadi 2 jenis yaitu bed rumah sakit manual dan bed rumah sakit elektrik. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

 

Bed Rumah Sakit Manual

bed rumah sakit manual

Bed Rumah Sakit Manual biasanya dapat anda temukan pada ruang kamar kelas 3 (bangsal) yang biasanya setiap kamar diisi 4-5 pasien. Biasanya pihak rumah sakit memberikan jenis bed rumah sakit yang hanya berfungsi untuk tidur saja pada ruang kamar kelas 3. Untuk fitur yang dimiliki bed rumah sakit manual sendiri berbeda – beda sesuai dengan jumlah engkol nya, diantaranya satu engkol, dua engkol, dan 3 engkol. Sesuai dengan namanya, bed rumah sakit manual dioperasikan dengan cara manual yaitu dengan memutar bagian engkol searah jarum jam sampai pada tinggi yang anda inginkan. Apabila anda ingin menurunkan bed pasien, putarlah engkol berlawanan arah jarum jam. Engkol atau putaran ini biasanya berada di bagian bawah tempat tidur pasien. Apabila ingin mengoperasikan bed rumah sakit manual, biasanya pasien akan dibantu oleh keluarga atau perawat. Untuk berat putaran pada engkol sendiri menyesuaikan dengan berat badan pasien yang ada di atas tempat tidur.

 

Bed Rumah Sakit Elektrik

bed rumah sakit elektrik

Jenis Bed Rumah Sakit Elektrik biasanya dapat anda jumpai pada kamar kelas 2 dan kamar kelas 1. Untuk jenis bed rumah sakit elektrik hampir sama dengan bed rumah sakit manual, perbedaannya adalah terdapat tambahan jenis bed rumah sakit empat engkol. Selain itu, cara mengoperasikan bed rumah sakit jenis ini juga berbeda, yaitu dengan menggunakan remote control. Anda dapat menekan tombol yang ada pada remote control sesuai dengan fitur yang anda inginkan. Biasanya remote control ini terletak di sebelah kiri tempat tidur pasien. Karena cara kerjanya yang menggunakan remote control, maka bed rumah sakit jenis ini dapat dioperasikan oleh siapapun termasuk pasien sendiri. Biasanya bed rumah sakit elektrik juga dilengkapi dengan rem pada roda. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas lain, seperti kasur yang tebal dan empuk, bantal dan guling lebih dari satu, dan juga selimut yang tebal.

 

Mana Yang Lebih Bagus ?

Setiap jenis bed rumah sakit tentunya memiliki kelebihannya masing – masing. Bed rumah sakit manual biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan bed rumah sakit elektrik. Namun, bed rumah sakit ini pengoperasiannya tidak dapat dilakukan oleh pasien sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain, sehingga kurang praktis. Sedangkan bed rumah sakit elektrik dapat dioperasikan dengan mudah, cepat, dan praktis. Namun, memiliki harga yang cukup mahal. Anda dapat memilih bed rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan pasien dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan pasien juga. Karena terdapat pasien yang membutuhkan jenis bed rumah sakit dengan fitur khusus atau tertentu. Apabila kondisi pasien dikira cukup baik, anda dapat menggunakan bed rumah sakit manual dengan harga yang terjangkau. Namun, jangan sampai anda tergiur dengan harga yang murah. Anda juga perlu memperhatikan kualitas bed rumah sakit tersebut sebelum membelinya.