Yuk Ketahui Kegunaan Serta Jenis-jenis Truk

Yuk Ketahui Kegunaan Serta Jenis-jenis Truk

Truk adalah jenis kendaraan yang sering digunakan sebagai alat transportasi di Indonesia. Transportasi tentu bukan sarana untuk mengangkut orang-orang di sini, tetapi alat untuk mengangkut barang atau bahan seperti kayu, produk pertambangan, batu atau sejenisnya. Ada begitu banyak jenis di pasaran yang dapat dijual karena fitur dan kegunaannya. Sebagai contoh, mobil pertambangan bervariasi dalam ukuran dan kekuatan. Ini diikuti oleh pengangkutan kapasitas khusus dan wadah teknis khusus.

Jenis truk dan kegunaannya yang perlu Anda ketahui

Berikut adalah beberapa jenis truk, dan Anda perlu tahu cara menggunakannya berdasarkan kapasitas, ukuran, jumlah, dan muatan kendaraan Anda sehingga Anda tidak akan membuat keputusan yang salah nanti ketika satu atau lebih dibutuhkan:

1. Colt Diesel Engkel

Ukurannya cukup kecil dan cocok untuk kebutuhan jalan dan gang kecil. Muatan maksimum yang diijinkan pada kendaraan, sering disebut sebagai CDE, adalah hingga 2 ton.

2. Colt Diesel Double

Ia juga dikenal sebagai CDD, yang juga kecil. Hanya ada 4 roda di belakang dan 2 di depan. Kapasitas maksimum kendaraan ini adalah 4 ton.

3. Tronton

Siapa yang belum pernah bertemu Tronton? Ini adalah truk dengan beberapa ban, di mana 10 memiliki dua ban di depan dan 8 ban di belakang. Beban maksimum yang dapat dibawa kendaraan 10 ton ini sehingga umum digunakan sebagai mobil truk pasir. Dan tentu saja harga satuan tidak bisa disebut murah.

4. Fuso

Kendaraan ini hampir mirip dengan Colt Diesel Double. Satu-satunya perbedaan adalah muatan maksimum yang dapat diangkut truk. Kapasitas transportasi adalah 7 ton.

5. Trailer

Boneka seperti itu termasuk dalam kelas berat. Jumlah ban untuk kendaraan ini adalah minimum 16 dan maksimum 26 unit. Dan muatan maksimum yang bisa dibawa kendaraan 26 ton ini. Ini adalah kendaraan kelas besar yang dapat membawa kendaraan lain. Dia biasanya terlihat membawa alat berat dan sejenisnya.

6. Pick Up

Ada juga truk berkecepatan tinggi yang digunakan sebagai kendaraan kecil dan banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi. Kapasitas maksimum yang dapat diambil adalah 2 ton. Dan bagi mereka yang memiliki kardus, kapasitasnya berkurang sekitar 1,5 ton.

7. Wingbox

Jenis selanjutnya adalah kalimat kalimat. Keunggulan kendaraan ini adalah sisi kanan dan kiri, dan bagian belakang juga bisa dibuka. Jam kerja untuk pengurangan dan peningkatan beban yang lebih cepat. Kapasitas maksimum bervariasi tergantung pada spesies.

8. Container

Dalam hal ini, lebih dikenal sebagai tangki yang sengaja dibuat untuk penyimpanan dan transportasi skala besar dan aman. Wadah itu sendiri harus dipasangkan dengan trailer karena tidak memiliki roda yang akan memungkinkannya untuk dikendarai sendirian. Ada 3 buah untuk ukuran tangki itu sendiri, yaitu kubus tinggi, 20 kaki dan juga 40 kaki. Dan ada 2 jenis, ada juga kulkas dan wadah kering.