Mau Beli Mobil Bekas, Begini Cara Mengetahui Pernah Kena Banjir

Mau Beli Mobil Bekas, Begini Cara Mengetahui Pernah Kena Banjir

Konsumen yang berkantong pas-pasan tidak sedikit yang memilih mobil bekas dengan harga miring. Namun, beberapa mobil bekas di pasaran ialah bekas kecelakaan sampai pernah kebanjiran. Jangan sampai melakukan pembelian mobil bekas dengan harga murah tetapi kondisinya parah dan mesti mengeluarkan fulus yang malah dapat menguras kantong lebih dalam.

Bagi pembeli awam, mungkin lumayan sulit guna mengidentifikasi mobil yang pernah terendam banjir, sebab secara kasat mata, situasi mobil yang pernah terendam banjir akan terlihat sama dengan mobil bekas pada umumnya. Apalagi bila mobil tersebut sudah dipoles oleh si penjual. Mobil bekas terendam banjir masih dapat diidentifikasi melewati sejumlah cara.

Pelaku bisnis penjualan mobil bekas dari Garasi Online, Gregy Hardianto memberikan sejumlah tip tentang teknik mengidentifikasi mobil bekas yang pernah terendam banjir. Cara kesatu ialah dengan memeriksa bagian ruang mesin.

“Kalau secara fisik, dapat dilihat di ruang mesinnya. Biasanya mobil yang bekas banjir warna ruang mesinnya belang sebab terendam banjir,” ujar Gregy saat mengobrol dengan Antara di Jakarta, Sabtu 8 Desember 2018.

Di samping itu, lakukan pun pengecekan pada kabin mobil. Mobil yang pernah terendam banjir seringkali menimbulkan wewangian lembap yang tidak sedap, khususnya pada unsur jok dan karpet. Aroma apak itu akan susah hilang bila tidak dimurnikan dengan benar.

Berikutnya, lanjut dia, periksalah bagian-bagian tertentu pada mobil, laksana bagasi, sisi-sisi pintu ataupun kap mesin. Pada mobil yang pernah terendam banjir, seringkali akan timbul karat atau warna kusam pada bagian-bagian tersebut.

Pria yang sudah berkecimpung di dunia jual beli mobil semenjak 2 tahun terakhir ini menambahkan, mobil yang pernah terendam banjir juga dapat dilihat dari alamat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jika alamatnya berada di area yang rawan banjir, ada bisa jadi mobil itu pernah terendam. “Tapi bila ini enggak terlampau menilai karena dapat saja STNK contohnya di Kelapa Gading, namun ternyata pemakaiannya di Depok,” kata dia.

Dalam peluang berbeda, Hamim, mekanik dari bengkel Berkat Service Station yang berada di area Kelapa Dua, Depok, menyerahkan tips ekstra tentang teknik mengidentifikasi mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Cara yang dia sarankan ialah dengan mengecek jalur perkabelan yang terdapat pada mobil. Bila ditemukan lumpur atau tanah merah, maka dapat dijamin bahwa mobil itu pernah terendam banjir. “Walaupun dia dibersihkan sebersih apa juga tidak akan dapat hilang kotoran tanah merah itu,” ucap Hamim. Sumber : https://www.decisionsonevidence.com/seva-mobil-bekas/