5 Jenis dan Perbedaan Stetoskop Dalam Dunia Medis

5 Jenis dan Perbedaan Stetoskop Dalam Dunia Medis

www.oldradiofun.com Stetoskop adalah peralatan vital dalam profesi medis. Sebagai seorang praktisi medis, layanan yang Anda berikan tidak hanya tergantung pada keahlian Anda, tetapi juga pada kualitas peralatan yang Anda gunakan. Stetoskop yang baik memungkinkan Anda melakukan salah satu tugas paling mendasar, auskultasi dengan tujuan utama menilai kondisi organ perut dan dada serta pembuluh darah. Berikut ini adalah bagian dari stetoskop:

Tips telinga
Tabung telinga
Tubing
Headset
Batang
Potongan dada
Diafragma
lonceng

Stetoskop sendiri dapat dengan mudah Anda dapatkan di toko-toko alkes di kota Anda. Misalnya saja toko alat kesehatan di malang, Surabaya, Jakarta atau dimanapun Anda berapa. Harganyapun sangat bervariasi dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara berbagai jenis stetoskop karena mereka hampir terlihat sama ketika dilihat secara fisik. Biarkan saya membawa Anda melalui berbagai jenis stetoskop dan fungsinya.

1) STETHOSCOPE KARDIOLOGI

Stetoskop kardiologi terlihat seperti stetoskop biasa tetapi perbedaannya adalah kemampuannya untuk memberikan kualitas akustik yang sangat baik. Ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendengar suara frekuensi rendah dan tinggi dari diafragma tanpa perlu menggunakan bel yang biasanya ditemukan dalam stetoskop berkepala dua. Terlepas dari suara berkualitas tinggi, ia memiliki earphone lebih tebal yang menghalangi kebisingan yang tidak perlu dan mencegah gangguan pada auskultasi. Saat memilih stetoskop kardiologi seperti Ultrascope, pertimbangkan memilih jenis stetoskop dengan pipa yang lebih tebal dan yang pendek antara earphone dan diafragma untuk mempertahankan kualitas suara yang tinggi. Mereka sangat baik untuk mendengarkan detak jantung, S2 dan murmur selain dari penggunaan normal lainnya.

2) STETHOSCOPE BAYI

Ini adalah stetoskop lain yang terlihat seperti neonatus dan stetoskop pediatrik tetapi memiliki perbedaan dalam diameternya. Pada sekitar 2,6 cm, potongan dada dapat memberikan auskultasi yang sangat akurat untuk bayi. Ini memiliki non-lateks membangun untuk menghindari reaksi alergi karena digunakan pada bayi. Jenis yang kedua ini biasanya dipakai oleh praktisi medis maupun mahasiswa kedokteran untuk mempelajari jantung dan suara lain guna melakukan diaknosa fisik dan pemenilaian pasien bayi.

3) STETHOSCOPE NEONATAL

Jenis stetoskop adalah jenis terkecil untuk pasien yang baru lahir. Ini memiliki diameter terkecil sekitar 2cm yang memungkinkan untuk auskultasi yang sangat akurat tanpa gangguan kebisingan dari sekitarnya. Mereka juga menampilkan konstruksi non-lateks untuk menghindari reaksi alergi, dan cincin non-dingin. Ukurannya yang lebih kecil memungkinkan untuk diagnosis yang akurat dalam periode yang lebih pendek karena tidak memerlukan penyesuaian. Ini digunakan untuk diagnosis dan penilaian fisik pada bayi baru lahir.

4) STETHOSCOPE PEDIATRIC

Itu terlihat seperti stetoskop biasa, tetapi dapat dibedakan dari warna dan ukuran potongan dada. Ini memiliki potongan dada kecil sehingga memungkinkan penempatan yang lebih akurat. Perbedaan warna itu datang dengan keuntungan tambahan karena menyerupai mainan dan oleh karena itu, dapat digunakan untuk memeriksa anak yang mungkin ketakutan. Stetoskop jenis ini digunakan untuk mendiagnosis dan juga menilai fisik anak yang sakit.

5) STETHOSCOPE ELEKTRONIK

Stetoskop elektronik membantu menyelesaikan masalah suara dengan memperkuat suara yang diperoleh dari potongan dada secara elektronik dan kemudian mengubahnya menjadi gelombang listrik yang kemudian ditransmisikan melalui sirkuit tertentu dan kemudian diproses untuk mendengarkan dengan lebih baik. Beberapa menggunakan kristal piezoelektrik. Jenis stetoskop datang dalam dua kategori; stetoskop yang menguatkan dan digitasi. Hal ini menguntungkan karena dapat menguatkan suara jantung atau pernapasan sehingga memudahkan diagnosis cepat dalam kasus suara lemah. Mereka juga menerapkan filter untuk memilih berbagai suara paru atau jantung.