Perawatan Gigi Setelah Melalui Penambalan Gigi di Dokter Gigi Jogja

Dokter Gigi Jogja

Seiring perkembangan zaman kini selain cabut gigi juga ada istilah tambal gigi. Prosedur penambalan gigi ini sering digunakan ketika gigi mengalami masalah seperti berlubang, rusak. Proses penambalan ini biasanya akan menutup pada lubang pada gigi. Bagi anda yang belum paham akan tambal gigi maka ada banyak hal yang harus anda ketahui. Untuk lebih lebih lengkapnya maka silahkan simak penjelasan mengenai tambal gigi di dokter gigi Jogja berikut ini.

Kondisi Gigi yang Bagaimana yang Perlu Ditambel?

Kini sudah banyak sekali orang yang mengalami gangguan pada giginya. Mulai yang patah, retak, keropos dan lainnya. Kalau gigi yang perlu ditambal ini yang seperti apa?

  1. Kondisi gigi yang berlubang namun sudah sangat parah
  2. Gigi patah dan mengalami kerusakan pada atrisi dan abfraksi
  3. Gigi yang memperlukan perawatan saluran akar

Sangat bahaya sekali ketika anda membiarkan gigi anda bolong dan tidak segera diatasi dnegan penambalan. Perlu anda ketahui kalau lubang pada gigi ini memiliki sifat irreversibel atau tidak bisa kembali pada bentuk gigi semula. Maka dari itu ketika gigi sudah berlubang parah dan tidak segera ditambal maka kerusakan gigi akan semakin parah. Bahkan lubangnya akan semakin meluas dan dalam.

Ketika gigi berlubang ini sudah sampai ke saraf gigi maka bisa membuat gigi anda semakin sakit. Kalau kondisinya sudah seperti ini maka kerusakan ini tidak bisa ditangani hanya dengan tambal gigi biasa. Anda perlu melakukan perawatan saraf gigi atau perawatan pada saluran akar gigi. Perawatan ini memerlukan waktu yang lebih lama dan pastinya biaya yang lebih besar. Maka dari itu sebelum terlambat silahkan periksakan kondisi gigi anda pada dokter gigi Jogja.

Setelah anda melakukan prosedur tambal gigi maka ada hal yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar hasil tambal gigi bisa bertahan lama dan tidak mengalami gangguan lainnya. langkah pertama yaitu menghindari menggigit yang terlalu keras dan menggigit makanan yang lengket. Hindari juga memainkan tambalan gigi dan mencungkilnya dengan tusuk gigi. Silahkan sikat gigi 2 kali sehari dan hindari untuk menyikat yang terlalu keras. Menjaga kebersihan gigi agar tidak muncul lubang baru.

Demikianlah penjelasan mengenai hal-hal yang harus anda perhatikan setelah melakukan prosedur penambalan gigi. Semoga dengan mengikuti penjelasan ini maka anda tidak lagi mengalami masalah gigi berlubang.