Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Pengertian Bangasa menurut  para Ahli

Dibawah ini adalah pengertian bangsa menurut para ahli seperti artikel yang telah di buat oleh Kuliahpendidikan.com antra lain sebagai berikut:

pengertian bangsa

Berikut ini adalah definisi negara setelah para ahli.

  1. Soekarno

Menurut Sukarno, selain dari karakteristik tertentu, suatu bangsa juga harus memiliki rasa cinta yang sama terhadap tanah air.

  1. Muhammad Hatta

Menurut Muhammad Hatta, bangsa adalah entitas yang ditentukan oleh keyakinan, aliansi yang dikelompokkan dalam aliansi yang diterbitkan karena percaya pada takdir dan tujuan bersama.

  1. Sosiolog dan antropolog

Menurut para ahli sosiologis dan antropologis bangsa adalah hidup bersama yang berdiri sendiri, di mana setiap anggota hidup bersama merasakan agama, bahasa, ras dan adat istiadat. Di sisi lain, diasumsikan bahwa kemitraan hidup adalah persatuan semua orang yang saling membutuhkan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama di bidang tertentu.

  1. Kranenburg

Menurut Kranenburg, bangsa adalah organisasi kekuasaan yang didirikan oleh sekelompok orang di negara ini.

  1. Rudolf Kjellen

Menurut Rudolf Kjellen, bangsa adalah analisis atau analogi yang membandingkan bangsa dan organisme biotik dengan menyeimbangkan jiwa bangsa berdasarkan pada nafsu organisme. Maka hasilnya adalah menciptakan sebuah bangsa yang memiliki keinginan untuk hidup, untuk bertahan hidup dan bertindak sesuai keinginan mereka untuk “memerintah”.

  1. Rawink

Menurut Rawik, suatu bangsa adalah sekelompok orang yang bersatu dalam satu wilayah dan juga memiliki ikatan dengan wilayah itu.

  1. Guibernau

Menurut Guibernau, suatu bangsa adalah negara-bangsa yang mengandung unsur-unsur penting sebagai penghubung, termasuk psikolog, budaya, kewilayahan, sejarah, politik, dan masa depan yang sama.

  1. Hadikoesoemo Ki Bagoe

Menurut Hadikoesoemo Ki Bagoe, bangsa adalah kesatuan orang-orang dengan tempat mereka berada, kesatuan antara orang-orang dan wilayah.

  1. Lothrop Stoddard

Menurut Lothrop Stoddard, suatu bangsa adalah keyakinan yang banyak orang pahami adalah sebuah bangsa.

  1. Anthony D Smith

Menurut Anthony D. Smith, bangsa adalah sebuah komunitas yang memiliki nama, mendominasi tanah air, memiliki mitos dan sejarah yang sama, budaya politik yang sama, ekonomi tunggal, dan berbagi hal dan kewajiban untuk semua anggotanya.

  1. Benedict Anderson

Menurut Benedict Anderson, negara adalah komunitas politik yang diwakili sebagai “komunitas imajiner” di wilayah yang jelas dan berdaulat.

  1. Friederich Ratzel

Sebuah bangsa, menurut Friederich Ratzel, adalah sekelompok orang yang telah terbentuk dari keinginan untuk menyatukan diri mereka dari perasaan persatuan antara orang-orang dan rumah mereka.

  1. Joseph Stalin

Menurut Joseph Stalin, sebuah bangsa yang berpendidikan historis adalah komunitas orang yang stabil yang dibentuk berdasarkan bahasa yang sama, wilayah yang sama, ekonomi yang sama, dan sentimen psikologis yang terwujud dalam budaya yang sama.

  1. Jacobsen dan Lipman

Menurut Jacobsen dan Lipman, bangsa adalah sekelompok orang yang lahir dari kesatuan budaya “kesatuan budaya” dan kesatuan politik “kesatuan politik”.

  1. Hans Kohn

Menurut Hans Kohn, bangsa adalah hasil dari perjuangan bersejarah, bangsa adalah kelompok pluralistik dan tidak dapat dirumuskan dengan esensi yang tepat. Ini dibuktikan dengan adanya faktor obyektif yang menjadi latar belakang dan karakteristik suatu bangsa, seperti kesetaraan ras, bahasa, wilayah, adat, dan agama.

Dari penjelasan diatas itu lah penjelasan tentang pengertian bangsa seperti referensi dari website Kuliahpendidikan.com semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima Kasih.