RS PKU Muhammadiyah Karanganyar: Ini Dia Beberapa Penyakit yang Disebabkan Oleh Gaya Hidup Kurang Sehat

Penyakit memang bisa menyerang siapa saja dengan mudah, terlebih jika memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Namun begitu, gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi salah satu pemicu berbagai penyakit muncul pada tubuh seseorang. Gaya hidup yang tidak sehat sangatlah bermacam-macam, seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, malas bergerak atau jarang berolahraga, merokok, mengkonsumsi alkohol, sering begadang, dll. Kebiasaan kurang sehat ini selain bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit dalam, juga bisa menyebabkan mentalnya ikut terganggu. Meskipun banyak rumah sakit yang bisa membantu untuk kesembuhan masyarakat, seperti RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, dll, namun sebaiknya sebisa mungkin hindari diri agar tidak pernah mengalami sakit.

Gaya hidup kurang sehat jika di terus-teruskan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Anda perlu mengetahui dampak buruk apa saja yang ditimbulkan agar sedini mungkin mulai melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Nah, berikut ini beberapa dampak buruk tersebut, yaitu:

Diabetes.

Meskipun diabetes muncul karena faktor genetik dan pertambahan usia, namun resiko seseorang terkena penyakit ini juga semakin meningkat pada mereka yang melakukan gaya hidup kurang sehat, seperti kurang bergerak, obesitas, mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan lemak, dll.

Osteoporosis.

Kerapuhan tulang selain karena kurangnya asupan vitamin D, juga disebabkan oleh kelumpuhan atau pada seseorang yang kurang bergerak setiap harinya, seperti sering duduk menonton TV, bekerja di depan laptop atau computer, dll. Selain itu kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol juga bisa menjadi penyebab kepadatan tulang berkurang.

Kanker.

Penyebab kanker salah satunya adalah karena terjadi mutasi gen pada tubuh seseorang. Dimana hal ini juga dipicu karena gaya hidup kurang sehat, seperti kurang berolahraga, obesitas, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat karsinogenik atau bahan kimia pemicu kanker.

Penyakit jantung.

Penyakit mematikan yang satu ini juga muncul tanpa alasan. Gaya hidup kurang sehat juga menjadi salah satu yang mempengaruhi, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan junk food, dll.

Gagal ginjal.

Penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja tanpa kenal jenis kelamin maupun usia. Gagal ginjal yang terjadi kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat, seperti kurang minum air putih, menahan kencing terlalu lama, dll. Kondisi gagal ginjal yang parah biasanya dihadapkan dengan pilihan untuk melakukan transplantasi ginjal baru atau dengan jalan cuci darah.

Stroke.

Stroke merupakan salah satu penyakit mematikan yang terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah otak dan hipertensi. Parahnya kondisi ini bisa muncul karena kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti kurang beraktivitas fisik, pola makan tidak seimbang, serta kebiasaan merokok.

Hipertensi.

Kondisi ini biasanya dipicu oleh kebiasaan malas bergerak dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Lakukan melakukan upaya pencegahan saat Anda sudah terkena maupun belum mengalami hipertensi.

Obesitas.

Kelebihan berat badan atau obesitas yang dibiarkan terus-menerus bisa mempengaruhi kesehatan. Tidak hanya berpengaruh pada penampilan fisik saja, obesitas juga meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Obesitas biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, seperti jarang berolahraga, mengkonsumsi makanan berlemak, dll.

Nah, itu tadi beberapa dampak buruk gaya hidup kurang sehat bagi kesehatan. Oleh karena itu, lakukan gaya hidup sehat mulai dari sekarang dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, menghindari merokok dan minum alkohol, dll. Anda juga bisa memeriksakan diri ke RS PKU Muhammadiyah Karanganyar ataupun RS lainnya jika mengalami gejala kesehatan tertentu yang mencurigakan.