Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pisang

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pisang

Berikut di bawah ini kami berikan klasifikasi dan morfologi dari tanaman Pisang,

  • Kingdom                  : Plantae / tumbuhan
  • Sub Kingdom           : Traceobionta / tumbuhan berpembuluh
  • Infra Kingdom          : Streptophyta / tumbuhan darat
  • Super Divisi              : Spermatophyta / tumbuhan berbiji
  • Divisi                        : Magnoliophyta / tumbuhan berbunga
  • Kelas                         : Liliopsida / tumbuhan Monokotil
  • Sub Kelas                  : Commelinidae
  • Ordo                          : Zingiberales
  • Famili                         : Musaceae
  • Genus                       : Musa
  • Spesies                      : Musa Paradisiacal

Bunga Pisang betina terletak dibagian pangkal sedangkan bunga jantan berada dibagian tengah. Bunga Pisang bersifat sempurna yang terdiri dari bunga jantan dan bunga betina pada bagian ujung.

Dari bunga akan berubah menjadi buah Pisang yang terdiri atas beberapa sisir beranggotakan 7 s/d 21 buah bergantung dari jenis dan perlakuan perawatan terhadap tanaman Pisang yang bersangkutan. Pada umumnya buah Pisang tak berbiji dan agak lunak ketika sudah matang.

Bermanfaat bagus untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh karena banyak mengandung zat – zat bergizi dalam jumlah besar seperti halnya gizi yang tersedia dalam sebutir buah apel.

Seperti dijelaskan di atas, tanaman Pisang mempunyai bunga yang disebut dengan nama jantung Pisang. Bunga yang dimaksud keluar melalui ujung batang yang tersusun atas daun – daun bunga yang melindungi inti bunga berada pada masing – masing ketiak antara daun – daun pelindung yang berwarna merah marun.

Tanaman Pisang berujung daun yang berbentuk ‘rompang’ dengan daging daun yang sangat tipis, pertulangan daun yang memiliki bentuk menyirip serta permukaan atas dan bawah daun bersifat licin berlapis lilin. Daun Pisang memiliki bentuk memanjang agak melebar dan berwarna hijau muda dimana saat dewasa warna daun akan berubah menjadi hijau tua.

Akar tanaman Pisang bersifat serabut. Pertumbuhan akar berkumpul dan bergerak menyamping sepanjang 4 s/d 5 M. Meskipun terlihat cukup panjang, namun akar tanaman Pisang ini tidak bisa meraih kedalaman lebih dari 2 M di bawah permukaan tanah.

Sedangkan untuk batang dibedakan menjadi 2 macam yaitu batang asli dan batang semu. Yang asli terletak pada bagian pangkal  batang sementara yang semu tenggelam di bawah permukaan tanah.

Batang asli mempunyai beberapa mata tunas yang nantinya akan menghasilkan akar – akar baru sedangkan batang semu terdiri dari pelepah – pelepah daun, berbentuk tegak, dan berdiri kokoh dibagian atas permukaan tanah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman Pisang, semoga bermanfaat !

Sumber : Agrotek.id