Respon Positif Market Place Indonesia

Saat ini hampir seluruh kalangan masyarakat dapat menggunakan teknologi internet, mulai dari masyarakat remaja hingga dewasa. Bahkan para ibu pun sudah sangat dimudahkan dengan adanya cara berbelanja secara online, lalu dikirim melalui jasa pengiriman seperti Ninja Xpress Indonesia. Market place di Indonesia sendiri memang berkembang dengan sangat pesat, melihat banyaknya peminat belanja online. Namun apa sesungguhnya market place itu ?

Market Place, Tempat Jual Beli dari Berbagai Toko

Sesuai dengan namanya, market place berarti sebuah tempat yang memfasilitasi proses jual beli dari beberapa toko. Namun istilah market place ini ditunjukkan pada sebuah website, atau aplikasi online dengan konsep yang sama seperti pasar tradisional. Website tersebut menyediakan tempat bagi para penjual, serta membantu mereka untuk bertemu dengan customer atau pelanggan.

Pemilik market place tidak memiliki tanggung jawab atas seluruh barang yang dijual di tempat tersebut, market place hanya bertugas untuk menyediakan tempat dan membantu baik pelanggan maupun pemilik toko untuk melakukan transaksi dengan cara yang mudah dan simple. Apabila seorang pemillik toko menggunakan market place, maka transaksinya sendiri diatur oleh market place.

Artinya pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan, harus mengikuti ketentuan pembayaran market place tersebut. Setelah pelanggan melakukan pembayaran, maka penjual akan mengirimkan barang ke pembeli. Penjual dapat mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman, seperti Ninja Xpress Indonesia.

Market Place Cukup Diminati Oleh Masyarakat Indonesia

Salah satu alasan yang banyak diutarakan oleh pengguna market place adalah, kemudahan dan kenyamanannya dalam bertransaksi. Bahkan ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa market palce online ini, layaknya sebuah departemen strore. Melalui market place, kita dapat mencari hampir seluruh keperluan yang diinginkan.

Kategori keperluan yang ada pada market place pun, semakin berkembang dan melengkapi kebutuhan masyarakat. Kategori tersebut pun mulai dari baju, hingga bahan kerajinan maupun elektronik. Dengan semakin lengkapnya barang yang dijual pada market place tersebut, maka semakin memudahkan dan memberikan kebebasan bagi para customer untuk memilih barang sesuai dengan yang diinginkan.

Selain faktor mendapatkan barang yang mudah, faktor lainnya adalah kita dapat melakukan transaksi dimana dan kapan saja. Manfaat ini tentu sangat disukai para ibu rumah tangga, yang memiliki kegiatan cukup banyak di rumah. Seorang ibu rumah tangga, tentu mengalami kesulitan untuk membagi waktu jika harus mengurus rumah dan membeli peralatan.

Dengan adanya market place ini, para ibu rumah tangga dapat membeli berbagai peralatan maupun keperluan tanpa harus keluar dari rumah. Bahkan pembayarannya pun dapat dilakukan dengan mudah, melalui transaksi yang telah ditentukan oleh tempat market place. Dengan kemudahan tersebut, membuat peminat belanja online melalui market place pun semakin meningkat.

Istilah dalam Market Place

Ketika berbicara tentang market place, akan lebih baik jika kita mengetahui beberapa istilah didalamnya. Ada dua istilah dalam market place yang perlu kamu tahu, diantaranya horizontal dan vertical market place. Keduanya sama sama menjadi tempat yang memfasilitasi proses jual beli, namun yang berbeda adalah kategori produknya.

Pada horizontal market place menjual berbagai produk yang berbeda beda seperti buku, furniture, makanan, hingga peralatan elektronik lainnya. Sedangkan pada vertical market place, memiliki sifat lebih spesialis. Market place vertical memiliki kategori barang produk sejenis yang sama, contohnya seperti market place yang khusus menjual produk bayi.

Saat ini kemudahan berbelanja semakin dirasakan oleh masyarakat, dengan adanya fasilitas belanja online. Apabila seseorang ingin membeli banyak barang dengan kategori yang berbeda, umumnya mereka akan membelinya melalui market place. Kemudahan serta keefektifitasan berbelanja melalui market place ini, membuat respon dari masyarakat selalu positif.