Belajar bahasa Jepang di tempat kursusan atau LPK memang sangatlah penting, karena pelajaran yang akan anda dapatkan telah disusun secara rapi oleh kurikulum yang disediakan. Tetapi jangan terus terpaku belajar di satu tempat saja, karena tidak semua pelajaran yang anda dapatkan di kelas bisa digunakan di kehidupan nyata.

Jika anda kebetulan berada di Jepang, sekali-kali cobalah pergi ke luar ruangan dan praktekkan apa yang telah anda pelajari. Di situ, proses perkembangan kemampuan bahasa Jepang anda akan diasah habis-habisan.

Sesaat anda pergi ke luar ruangan dan bertemu dengan orang Jepang, anda akan mendengar kalimat-kalimat yang dilontarkan oleh orang yang anda ajak bicara. Dan tentunya anda akan menyadari bahwa bahasa Jepang itu tidak sekaku yang telah anda pelajari di dalam kelas.

Ada banyak kalimat asing yang mungkin anda dengar, dan terdapat pula kalimat-kalimat yang sering anda pelajari di dalam kelas menjadi begitu rancu saat dilontarkan di luar kelas. Semuanya serba tidak masuk diakal! Hal ini karena belajar bahasa Jepang memang tidak terus mengenai teori semata, melainkan praktek.

Bahkan sebagian besar dari belajar bahasa Jepang haruslah di dasarkan praktek. Dengan begitu, anda tidak harus terkekang oleh kurikulum yang diajarkan oleh tempat anda belajar. Bahkan sekolah bahasa Jepang online Weihome Gakuen mengaku bahwa pelajaran yang disusun merupakan kurikulum berdasarkan pengalaman si penulis di kehidupan nyata.

Dengan mempraktekkannya di luar ruangan, anda akan dituntut untuk mengetahui beberapa bagian dalam bahasa Jepang yang memang belum anda ketahui sebelumnya. Di situlah otak anda akan mulai menyusun satu materi ke materi lainnya sehingga anda akan memiliki kurikulum anda sendiri.

Di situlah pengalaman anda akan bertambah. Sambil praktek berbicara bahasa Jepang dengan orang Jepang, anda pun akan terus melatih dan mempertajam intuisi anda dalam berkata dan berbicara. Sehingga, nantinya anda akan mulai mampu berekspresif dengan menggunakan bahasa Jepang.

Ekspresif sendiri sangatlah sulit untuk didapatkan, terutama dengan menggunakan bahasa asing. Di Jepang sendiri, terdapat berbagai macam ekspresif yang berbeda dengan Negara kita. Alhasil, anda pun harus mempelajari budaya itu sendiri. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa bahasa dan seni budaya dari sebuah Negara memang tidak bisa dipisahkan.