Tips Menghapal Juz Amma

Dalam kehidupan umat Islam pasti ada yang namanya ibadah dan semua itu dilakukan menurut kepercayaan masing-masing. Salah satu kegiatan ibadah dari umat Islam yaitu sholat, puasa, dan juga mengaji. Apakah kamu tahu bahwasannya ada sebagian orang yang juga melakukan usaha untuk menghapalkan juz amma atau menghapalkan Al-Qur’an? Pastinya, hal ini pernah kamu jumpai. Selain itu, dalam menghapalkan Al-Qur’an sendiri bisa menggunakan Alquran Digital. Membahas hal tersebut, pastinya ada sebagian orang yang beranggapan bahwasannya diri mereka ketinggalan dan sudah merasa tua. Padahal, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari Al-Qur’anyang medianya bisa kitab secara langsung ataupun Alquran Digital. Jadi, kamu ingin menghapalkan Al-Qur’an pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tips-tips, diantaranya sebagai berikut:

Memantapkan niat yang ikhlas untuk Allah SWT

Salah satu tips yang bisa kamu terapkan ketika ingin menghapalkan Al-Qur’an yaitu niat karena Allah SWT. Niat adalah langkah awal dalam perubahan layaknya menghafalkan Al-Qur’an, jangan sampai memiliki niat untuk pamer ataupun membanggakan diri sendiri yang mampu untuk menghapalkaan AL-Qur’an. Pada saat kamu memiliki niat yang jelek dalam menghapalkan Al-Qur’an akan membawa efek yang begitu fatal bagi diri kamu sendiri. Dengan niatan yang jelek kamu akan merasa capek untuk menghapalkan Al-Qur’an dan juga akan kesulitan pada saat menghapal.

Melaksanakan sholat hajat

Salah satu tips untuk menghafalkan Al-Qur’an adalah melaksanakan yang namanya sholat hajat. Pada saat, kamu melaksanakan sholat hajat kamu akan dibimbing dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Selain itu, kamu akan mendapatkan banyak pahala ataupun hal yang positif ketika kamu melaksanakan sholat hajat. Pastinya, baik juga dilakukan sebelum kamu meniatkan diri untuk menghafalkan sholat hajat. Semua ini, pada saat sholat kamu bisa meminta sebuah kemudahan dalam menghapalkan Al-Qur’an. Selain itu, kamu dengan melaksanakan sholat hajat kamu bisa menaikkan derajat yang lebih tinggi sebagai umat muslim dan layak untuk berada di hadapan Allah SWT. Jadi, kamu memiliki banyak sekali manfaat dalam menjalankan sholat hajat.

Penanaman keyakinan pada diri sendiri

Salah satu cara untuk menghapalkan Al-Qur’an yaitu dengan melakukan penanaman keyakinan pada diri sendiri. Dengan niat yang baik dan percaya diri, kamu akan diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk menghapalkan Al-Qur’an. Kamu bisa meyakinkan diri untuk menghapalkan Al-Qur’an dan bisa memilih berbagai metode yang benar-benar cocok untuk kamu terapkan dalam menghapalkan Al-Qur’an. Jadi, kamu bisa menanamkan keyakinan sekuat mungkin agar bisa bertahan dalam menghapalkan Al-Qur’an dan mampu istiqomah untuk selalu berusaha menuju jalan kebajikan dengan cara menghapalkan Al-Qur’an.

Mendekatkan diri dengan Al-Qur’an

Salah satu cara yang terakhir untuk dilakukan adalah mendekatkan diri dengan kitab suci Al-Qur’an.

Dengan mengakrabkan diri kepada Al-Qur’an kamu harus mampu untuk mendekatkan diri kepada Al-Qur’an agar bisa memahami dana mampu membuat kamu memiliki keinginan untuk menghapalkan Al-Qur’an. Kamu harus memiliki niat yang mendalam dan juga memiliki main set untuk belajar dan menghafalkan Al-Qur’an. Kalau bisa menghafalkan Al-Qur’an 1 Ayat setiap Al-Qur’an.

Jadi, begitulah sedikit informasi mengenai tips-tips untuk menghafalkan Al-Qur’an dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kamu bisa mempunyai manfaat ketika kamu menghafalkan Al-Qur’an. Banyak pahala dan mampu meningkatkan derajat keimanan diri di hadapan Allah SWT. Kamu harus memiliki banyak semangat agar bisa menjalankan kegiatan menghapalkan Al-Qur’an.