Biodata & Profil Lengkap KARD, Grup Co-Ed dari DSP Media

Biodata & Profil Lengkap KARD, Grup Co-Ed dari DSP Media

Bukan girl group ataupun boy group, KARD adalah grup co-ed alias gabungan dari anggota laki-laki dan perempuan. Saat ini KARD adalah satu-satunya grup co-ed di ranah musik K-Pop yang meraih sukses baik nasional maupun internasional. Grup bentukan DSP Media ini membawakan gabungan genre EDM dan hip hop yang banyak digemari kaum muda, terutama dari luar Korea Selatan. Mereka debut secara resmi pada 19 Juli 2017.

1. J.Seph

Pemilik nama lengkap Kim Tae-hyung ini merupakan rapper utama sekaligus lead dancer dan vokalis KARD. Pria kelahiran 21 Juni 1992 ini memiliki seorang kakak perempuan dan bisa sedikit berbahasa Inggris.

Setelah menjalani masa trainee selama lima tahun, J.Seph awalnya akan debut dengan BM sebagai duo hip hop. Rencana ini kemudian berubah dengan bergabungnya Somin dan JiWoo. J.Seph merepresentasikan kartu As, yaitu “kartu yang bisa menjadi kartu terbawah yang mendukung tim, atau kartu teratas yang sifatnya tajam.” Sebelum debut, J.Seph pernah muncul di video klip Tell Me Tell Me dan bersama BM di Sunshine, keduanya dari grup Rainbow.

2. BM

BM, singkatan dari “Big Matthew”, merupakan nama panggung dari Matthew Kim. BM adalah penari utama, lead rapper, dan vokalis KARD yang memiliki fisik paling tinggi yaitu 186 cm. ia lahir di LA, California, Amerika Serikat pada 20 Oktober 1992 sebagai anak sulung dari tiga laki-laki bersaudara. Ayahnya tinggal di Brazil sejak dia masih kecil, dan ibunya seorang perancang pakaian.

Pada tahun 2011, BM pindah ke Korea dan sempat mengikuti Kpop Star. Ia kemudian menjalani masa trainee selama empat setengah tahun. Dalam KARD, BM merepresentasikan kartu King yang paling bisa diandalkan dan kuat, sehingga bisa dikatakan kalau dia adalah fondasi grup. Ia sempat muncul dalam lagu solo Goo Hara yang berjudul La La La dan menjadi pasangan menarinya di video klip Choco Chip Cookies.

3. Somin

Somin yang memiliki nama lengkap Jeon So-min adalah vokalis utama dan visual grup KARD. Mantan leader grup APRIL ini lahir pada 22 Agustus 1996 dan mempunyai dua orang kakak perempuan. Ia juga pernah tergabung dalam grup Puretty yang aktif di Jepang. dalam program Baby KARA, Somin meraih peringkat 2.

Semasa duduk di bangku sekolah dasar, Somin mempelajari tari balet. Ia bisa memainkan tiga alat musik: piano, biola, dan ocarina. Perempuan yang pernah muncul dalam video klip Born Hater dari Epik High ini merepresentasikan kartu joker hitam, yang “tergantung situasi, joker hitam bisa jadi kartu terbaik.”

4. JiWoo

Jeon Ji-woo adalah anggota termuda KARD yang menempati posisi sebagai penari utama sekaligus lead vocalist dan rapper. Perempuan kelahiran 4 Oktober 1996 ini memiliki seorang kakak laki-laki, namun ia mengakui bahwa hubungan mereka tidak terlalu dekat. JiWoo pernah menjadi trainee di FNC Entertainment selama lima tahun, kemudian bergabung menjadi trainee selama dua bulan di DSP Media sebelum akhirnya debut sebagai anggota KARD.

JiWoo merupakan murid di jurusan klarinet selama enam tahun sekolah. Ia merepresentasikan kartu joker berwarna. Menurutnya, dia “bertugas membuat nyanyian, tarian, rap, dan musik grup menjadi lebih berwarna.”

KARD lebih aktif melakukan promosi di luar Korea Selatan, sehingga lagu-lagu mereka pun tidak masuk dalam tangga lagu populer Gaon Chart. Tur pertama mereka yang bertajuk WILD KARD pun dilaksanakan di Amerika Utara, Eropa, Amerika Selatan, Australia, baru kemudian di Asia. Meski tidak terlalu aktif di dalam negeri, ternyata nama KARD yang harum di mata internasional sudah mulai mendapat apresiasi dari warga Korea Selatan pecinta musik.

Bagaimana menurutmu tentang artikel Biodata & Profil Lengkap KARD diatas?