Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerja Lulusannya

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerja Lulusannya

Di zaman yang serba modern ini, Information Technology telah menjadi kebutuhan utama. Salah satu jurusan yang berperan penting dalam dunia IT yakni teknik informatika. Teknik informatika sendiri dikenal juga sebagai ilmu programming.

Lulusan dari teknik informatika akan diharapkan bisa mengoperasikan teknologi komputer dalam kehidupan, bahkan bisa menciptakan teknologi baru. Jurusan teknik informatika ada banyak perguruan tinggi di Indonesia seperti di Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Manajemen Informatika Politeknik POS Indonesia dan Universitas Padjadjaran.

Bagi Anda yang tertarik sekali di dalam dunia teknologi, pemrograman, dan pengoperasian komputer, teknik informatika adalah jurusan yang tepat untuk perkuliahan. Berikut ini adalah informasi mengenai jurusan teknik informatika.

Materi kuliah teknik informatika

Teknik informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang teknologi komputer seperti analisis matematis pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak, sistem operasi, dan kerja komputer.

Selain menerapkan teknologi yang telah ada, mahasiswa teknik informatika juga akan dituntut untuk supaya berpikir kreatif dalam menciptakan ide baru di sistem operasi komputer.

Mata kuliah dalam jurusan teknik informatika akan berfokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan software. Mata kuliah tersebut di antaranya adalah sistem informasi, logika informatika, strategi algoritma, rekayasa perangkat lunak, Artificial Intelligence, dan pemrograman Internet.

Prospek kerja

Lulusan teknik informatika sendiri sangat dibutuhkan di era globalisasi yang penuh dengan teknologi saat ini. Lulusan ilmu komputer diharapkan akan dapat menjadi ahli di dalam sistem operasi, aplikasi, dan komputer sehingga bisa memastikan IT dan sistem operasi bekerja dengan baik sesuai arahan yang telah diinput.

Banyak jenis pekerjaan baru yang sudah tercipta dengan hadirnya sistem IT, yakni antaranya:

  • Programmer, merupakan ahli di dalam pemprograman sistem maupun mengembangkan aplikasi di berbagai bidang industri.
  • Web engineer/web administrator, merupakan ahli dalam mengembangkan dan juga memelihara website sebuah organisasi ataupun perusahaan.
  • Software engineer, merupakan ahli di dalam pengembangan serta pengoperasian perangkat lunak (software). Tentunya ahli ini dibutuhkan di semua lini industri.
  • Computer network, merupakan ahli dalam merancang, mengelola, dan merawat jaringan IT pada perusahaan.
  • Database engineer/database administrator, ahli dalam merancang, mengelola, dan memelihara basis data yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan.
  • Game Developer, merupakan ahli informatika yang mengembangkan game sebagai bentuk media edukasi dan juga hiburan.
  • Konsultan IT, merupakan orang yang berperan aktif dalam perencanaan dan pengevaluasian IT di dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.