Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Teknologi Terbaru

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Teknologi Terbaru

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Teknologi Terbaru

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses yang menjelaskan mengapa dan cara sesuatu terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, ilmiah dan sebagainya dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

A. Fungsi teks eksplanasi

Jelaskan kepada pembaca mengapa dan bagaimana suatu fenomena dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

B. Karakteristik teks eksplanasi

1. Fokus pada topik umum.
2. Teks terdiri dari beberapa bagian, yaitu deklarasi umum, penjelasan dan penutup.
3. Teks berisi informasi faktual.

C. Struktur teks eksplanasi

1. Pernyataan umum
Bagian ini berisi penjelasan tentang topik yang akan dibahas dalam teks secara keseluruhan. Bagian ini menjadi pengantar di awal dan kata kunci di paragraf berikutnya.

2. Penjelasan
Bagian ini memberikan informasi terperinci untuk memberikan pengetahuan yang lebih jelas tentang topik yang dibahas.

3. Penutupan
Dilansir dari https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/ Bagian ini sering disebut sebagai bagian interpretasi yang berisi kesimpulan tentang apa yang dibahas dalam dua bagian sebelumnya. Biasanya bagian ini berisi saran, saran atau harapan yang berkaitan dengan fenomena yang dibahas sejak awal teks.

contoh:

Perkembangan teknologi

Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis sains yang juga dapat diartikan sebagai sarana lengkap untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi biasanya dinamis karena mengikuti tujuannya untuk memastikan kenyamanan hidup manusia sehingga terus berkembang seiring waktu. Mengembangkan teknologi selalu menghadirkan daya tarik bagi penggunanya. Kalau tidak, dengan seseorang mampu melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak ada, mengubah jarak semakin dekat dan yang sulit menjadi mudah. Akhirnya, teknologi sekarang menjadi sesuatu yang sangat ditunggu untuk pengembangannya.

Perkembangan teknologi tidak terlepas dari keberadaan manusia yang selalu berusaha berinovasi dalam menciptakan segala sesuatu yang dianggap bermanfaat bagi manusia lain. Sebagai contoh konkret dari perkembangan teknologi paling sederhana adalah penggunaan batu dan tulang yang kemudian berkembang menjadi peralatan besi sebagai alat berburu dan mengumpulkan manusia pada zaman dahulu. Jelas bahwa untuk waktu yang lebih lama peralatan yang digunakan memfasilitasi kinerja kegiatan mereka. Tidak berbeda dengan pendahulunya, perkembangan teknologi seperti telepon kabel yang sekarang berubah di telepon seluler juga terjadi. Bahkan untuk jenis teknologi ini, pengembangannya tidak hanya menawarkan kenyamanan dari sesuatu yang dianggap tidak praktis karena kabel menjadi sesuatu yang praktis tanpa kabel guna menjamin kenyamanan penggunanya, tetapi juga menghadirkan berbagai hal yang menawarkan nilai lebih bagi penggunanya. Jadi jangan heran jika peran ponsel hampir berubah sekarang.

Secara umum, ada tiga klasifikasi yang menjadi dasar pengembangan teknologi, yaitu perkembangan teknologi netral atau kemajuan teknologi netral, kemajuan teknologi hemat tenaga kerja dan kemajuan teknologi hemat modal. Setiap basis memiliki pemahaman dan konsentrasi masing-masing. Pertama, perkembangan teknologi netral terjadi ketika tingkat pengeluaran atau produksi yang lebih tinggi tercapai dengan jumlah atau faktor input yang sama. Kedua, pengembangan teknologi hemat tenaga kerja mengacu pada penciptaan sesuatu yang dapat mengurangi jumlah pekerjaan yang diserap dalam menyelesaikan pekerjaan. Perkembangan ini telah terjadi sejak akhir abad kesembilan belas di mana munculnya perkembangan teknologi yang menghemat tenaga kerja dalam produksi barang. Ketiga, pengembangan teknologi penghematan modal merupakan upaya untuk menciptakan sesuatu yang dapat menghemat modal dalam mengerjakan sesuatu. Ini adalah fenomena yang relatif jarang terjadi karena pada umumnya perkembangan teknologi membutuhkan modal yang besar dan bertujuan untuk menghemat tenaga kerja.

Teknologi dengan perkembangannya tentu dipandang sebagai sesuatu yang bermanfaat karena kemampuannya membuat hidup lebih nyaman. Dengan itu, seseorang mampu mengubah dunia seolah-olah berada di tangannya. Namun sayangnya, bahkan perkembangan teknologi dapat memiliki reputasi yang buruk. Apalagi jika pengguna teknologi tidak bijaksana dalam menggunakannya. Dalam banyak kasus kami menemukan bahwa penggunaan teknologi memainkan peran penting dalam meluncurkan kejahatan. Misalnya, penggunaan kamera pengintai yang awalnya digunakan sebagai alat untuk membantu seseorang memantau kejahatan di sekitar mereka sebenarnya digunakan oleh penjahat untuk menyederhanakan tindakan mereka. Ini tentunya melibatkan kerugian bagi para korban dan malapetaka bagi para penulis. Jelas ini adalah bukti bahwa teknologi telah jatuh ke tangan pengguna yang tidak bijaksana. Lebih jauh, contoh-contoh lain dapat dengan mudah ditemukan pada mereka yang menggunakan perangkat yang disebut telepon seluler. Seperti namanya, ponsel harus menjadi alat komunikasi yang menghubungkan hampir secara nirkabel. Tetapi perkembangan teknologi telah mengubahnya menjadi alat yang tidak hanya digunakan untuk tujuan ini, tetapi juga membuka peluang untuk hal-hal terjadi.

Ini harus menjadi pengembangan teknologi yang merupakan bukti dari kemajuan pola pikir manusia disertai dengan moral yang lebih baik dari para penggunanya. Seperti yang diharapkan dalam menciptakan teknologi yang memberikan kenyamanan bagi kehidupan manusia, menggunakannya untuk melakukan kejahatan secara efektif menghilangkan kenyamanan hidup itu sendiri. Pada akhirnya, fenomena literasi teknologi ini harus dilewati agar tidak membenamkan penggunanya.

Sumber : https://rumusrumus.com/