Tips Perawatan Setelah Melakukan Tambal Gigi Jogja

Klinik Tambal Gigi Jogja Berpengalaman

Perawatan yang dilakukan ketika gigi berlubang adalah dengan tambal gigi. Proses penambalan ini hanya pada bagian gigi yang rusak saja. Sebelum ditambal, bagian gigi yang rusak dan sudah membusuk harus dibuang agar rongga untuk menambal lebih besar.

Bukan hanya gigi yang berlubang, para dokter gigi juga menyarankan jika tambal gigi juga bisa untuk mengatasi masalah gigi retak atau patah. Adapun jenis bahan yang digunakan untuk menambal gigi yaitu komposit, perak, resin dan juga emas.

Proses penambalan tentu saja harus dilakukan oleh tim dokter gigi yang sudah berpengalaman, baik itu di rumah sakit ataupun di klinik tambal gigi Jogja.

Tips Melakukan Perawatan Setelah Tambal Gigi

Gigi yang sudah ditambal maka harus dirawat dngan baik agar bahan tambalannya tidak terkelupas. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat gigi yang baru ditambal :

Jangan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas atau Dingin

Sebelum efek anestesi pada gigi yang ditambal belum sepenuhnya hilang, maka sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang terlalu panas ataupun dingin. Hal ini dikarenakan, gigi yang masih dalam pengaruh anestesi dapat merasakan suhu yang berasal dari makanan dan minuman sehingga nantinya gigi akan terasa sakit.

Jauhi Makanan yang Terlalu Sulit untuk Digigit dan Dikunyah

Hindari makanan yang sulit untuk dikunyah seperti makanan yang keras, lengket dan juga kenyal karenan nantinya dapat merusak bahan tambalan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lembut dan menyehatkan.

Gunakan Bagian Gigi yang Lain Ketika Mengunyah

Ketika Anda sudah diizinkan untuk makan sebaiknya gunakan sisi atau bagian gigi lainnya ketika mengunyah. Jangan menggunakan gigi yang baru ditambal untuk mengunyah sampai bahan tambalnya benar-benar padat.

Jangan Lupa Minum Obat Penghilang Nyeri dari Dokter

Biasanya dokter menyertakan obat penghilang rasa nyeri akibat efek anestesi yang menghilang. Ketika mulai timbul rasa sakit sebaiknya segera minum obat penghilang nyeri tersebut.

Selain gigi yang terasa nyeri, masalah lainnya sesudah tambal gigi yaitu adanya bagian tambal yang terkelupas, tidak perlu panik karena kejadian seperti ini sangat wajar. Lakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter atau klinik tambal gigi Jogja agar gigi tetap terawat dengan baik.