Nasi liwet alas daun pisang di Bekasi

Nasi liwet alas daun pisang identik sebagai sajian lambang kebersamaan. Dimakan ramai-ramai pakai lauk, sensasi kenikmatannya bertambah! Siapa yang tidak kenal nasi liwet? Olahan nasi gurih nan mengenyangkan khas Sunda dan Solo. Arisan, kumpul keluarga, atau gethering kantor, menu ini selalu dapat diandalkan. Nasi liwet memuaskan selera semua orang karena cita rasanya. Nasi yang dimasak bersama dengan rempah ini semakin nikmat disantap dengan beragam lauk pendamping.

Nasi liwet alas daun pisang di Bekasi

Indonesia terkenal akan berbagai ragam budayanya. Namun, tak hanya dalam bentuk seni tari ataupun seni musik, penganan juga merupakan salah satu kekayaan budaya khas nusantara. Beragam variasi masakan terkenal bahkan telah diakui dunia. Salah satunya adalah Nasi Liwet. Nasi liwet merupakan ragam kuliner khas Solo, dan asli dari daerah kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet merupakan nama dari varian nasi khas yang merupakan nasi gurih seperti nasi uduk, yang kemudian sajiannya ditemani dengan suwiran daging ayam, sayur labu siam, dan areh. Nasi liwet umumnya dihidangkan sepanjang hari, baik sebagai sarapan maupun santapan untuk makan malam. Liwet biasanya bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung lesehan, dan kemudian kini berevolusi menjadi tren makan baru di era modern ini, yaitu liwetan kekinian.

Dalam tradisi Jawa dan Sunda, acara Selamatan sangat akrab di kehidupan sehari-hari. Kalau Anda termasuk masyarakat Jawa atau Sunda, tentu saja wajib menguasai resep nasi liwet agar acara senantiasa lancar dari awal hingga akhir. Salah satu resep tandingannya bernama resep nasi bakar. Jika kedua resep ini diadu kelezatannya, pasti sulit menentukan pemenangnya. Nasi bakar unggul dari segi tahan lama. Sementara nasi liwet unggul dari segi durasi pembuatannya yang singkat. Tapi untuk urusan efektivitas saat acara Selamatan, tentu resep nasi liwet jauh lebih utama ketimbang lainnya. Soalnya Anda membutuhkan masakan nasi dalam jumlah banyak. Mengingat acara ini melibatkan banyak tamu.

Nasi liwet dapat ditambahkan dengan aneka masakan lain ketika disajikan diantaranya adalah sambal, tahu, tempe, ayam bakar dan lalapan seperti mentimun, tomat, seladah dan lainnya. Nasi liwet khas Sunda ini sangat pas disajikan selagi hangat. Apalagi bila anda menyajikan ditengah kehangatan keluarga anda. Tidak hanya satu, nasi liwet berbeda-beda jenisnya tergantung dari mana kota asalnya. Seperti nasi liwet Solo yang dimasak dengan santan atau nasi liwet khas Sunda dengan kaldu ikannya. Liwetan ini biasanya mengonsumsi nasi liwet dengan cara diletakkan secara memanjang di atas daun pisang dan disantap bersamaan dengan teman dan/atau keluarga. Tradisi ini dipercaya berasal dari masa terdahulu di pesantren-pesantren, utamanya ketika mengadakan slametan, berkumpul bersama keluarga dan kerabat, memperkuat hubungan kekeluargaan.