Lezatnya Soto Bokoran Semarang

Lezatnya Soto Bokoran Semarang

Bagi orang Semarang soto merupakan salah satu makanan yang tak asing lagi. Hampir di setiap tempat, soto paling gampang kita jumpai. Di daerah bawah ada Soto Bangkong yang legendaris.

Di Banyumanik ada Soto Pak No yang ramenya ngalahin pasar. Mau sarapan harus rela antre terlebih dahulu. Walaupun sama-sama soto, mereka punya ciri khas tersendiri. Semua itu menjadikan setiap soto mendapat tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Jika Anda sedang dinas atau berlibur ke Semarang, wajib untuk mencicipi soto yang satu ini. Apalagi jika Anda menginap di hotel dekat Simpang Lima.

Nggak jauh dari tempat menginap ada soto yang cukup melegenda. Soto Bokoran. Bisa ditempuh dengan jalan kaki, jika memang berniat sekalian menikmati udara dan suasana pagi di Semarang. Bisa juga dengan naik becak.

Soto Bokoran terletak di Jalan Bokoran 55 Semarang. Jika dari Simpang Lima, ambil arah Jalan Gajah Mada. Di sebelah kanan nanti ada gapura besar dengan sebuah baliho Quest Hotel.

Cukup ikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan jembatan kecil. Warung Soto Bokoran berada nggak jauh dari jembatan tersebut. Tepatnya berada di sebelah kiri jalan.

Warung yang menempati sebuah rumah sederhana ini selalu tampak bersih danrapi. Kursi-kursi kayu dengan meja panjang berjajar.

Di setiap meja terdapat ubo rampe soto dan aneka camilan, Komplit. Sampai bingung mau pakai lauk apa. Ada sate ayam, bakwan jagung, mendoan, tahu goreng, ceker ayam, perkedel, juga kerupuk. Yang pasti bisa kalap karena semua terlihat menggiurkan. Kita bisa juga loh minta tambahan potongan ayam seperti penyetan.

Seperti kebanyakan soto Semarang pada umumnya, Soto Bokoran disajikan dalam mangkok mungil. Tersaji bersama nasi, suwiran ayam, soun, bawang goreng dan nggak lupa daun seledri.

Banyak yang bilang kalau makan soto Semarang harus nambah. Seporsi nggak akan cukup. Lalu apa istimewanya Soto Bokoran donk? Eits, tunggu dulu! Ternyata pembedanya ada pada kuah coklat yang berasal dari kuah sate ayam. Belum lagi perkedelnya yang nendang gila. Enaaaaakkk!

Sembilan ribu rupiah untuk semangkok soto Bokoran sangatlahsebanding. Rasanya memang beda dengan soto Semarang lainnya. Untuk aneka cemilan dan lauk dibandrol mulai Rp.3.000,- saja. Enggak mahal, kan? Nggak heran jika warung ini selalu ramai.

Banyak mobil-mobil dan motor berjejer rapi. Apalagi jika weekend tiba. Antrean di warung ini akan mengular. Mudah kita jumpai keluarga yang akan ke gereja, usai berolahraga atau memang sengaja datang untuk sarapan.
Soto Bokoran buka dari jam 06.00 WIB sampaihabis.

Tapi lebih sering akan habis sekitar jam 10 pagi. Sangat disarankan untuk datang pagi, semua aneka lauk pauk dan cemilan masih komplit. Kesiangan dikit siap-siap cuma kebagian koretan alias sisa-sisa.

Penasaran sama Soto Bokoran? Jangan sampai lupa jika bertandang ke Semarang ya.

BACA JUGA:

Makanan Asal Bantul Yang Wajib Dicicipi Saat Liburan

Minuman Unik yang Hanya Ada di Jepang

SUMBER: Hello Semarang