Canon Powershot G9X – Keluarga Baru G-Series

Canon Powershot G9X – Keluarga Baru G-Series

Canon Powershot G9X – Keluarga Baru G-Series

Akumoment – Alih-alih meningkatkan persaingan di produk kamera mirrorless-nya, sejuah ini Canon tetap memilih untuk lebih fokus di pengembangan kamera compact prosumernya. Terbukti, PowerShot G9 X baru saja diluncurkan untuk melengkapi varian G-series yang sudah melegenda. Kalau sebelumnya sudah akrab dengan kamera PowerShot G-series keluaran Canon, Anda akan merasakan perubahan besar pada PowerShot G9 X begitu memegangnya. G-series yang dikenal sebagai kamera compact premium dengan bodi magnesium yang solid dan kokoh.

Ciri itu sekarang tidak ditemukan di G9 X. Bodi plastiknya yang ringan menunjukkan kamera baru tersebut memang diposisikan sebagai kelas paling bawah di jajaran G-series. PowerShot G9 X mengalami perubahan besar-besaran karena kamera ini memang ditujukan untuk pengguna pemula. Karena itu, selain memodifikasi materi bodi, feature pada G9 X juga mengalami sejuml;ah penyederhanaan. Sebagai contohnya, feature hot-shoe yang dulu mendudukkannya sebagai kamera compact semi profesional dihilangkan.

Feature hot-shoe baru ditemukan di PowerShot G3 X dan G5 X yang memang ditujukan untuk pengguna yang lebih berpengalaman. Untuk bisa menggaet pengguna pemula berusia muda, Canon juga mengubah secara besar-besaran konsep pengoperasian PowerShot G9 X. Dengan menyertakan feature touchscreen pada layar 3,0 inci, pengoperasian kamera banyak dilakukan dengan sentuhan. Karena itu, tombol Cross-Menu yang jadi identitas G-series di G9 X ditiadakan.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan kamera G-series lama, mengoperasikan PowerShot G9 X seperti menggunakan kamera baru yang benarbenar berbeda. Untuk memunculkan menu utama kamera bisa dilakukan lewat tombol Quick Menu. Setelah itu, pilihan ke sub-menu dan parameternya mesti dilakukan secara touchscreen. Walaupun masih memiliki tombol putar untuk mode pemotretan di bagian atas bodi dan tombol putar di pangkal lensanya, desain minimalis PowerShot G9 X mampu memberi kesan modern. G9 X dengan pilihan warna coklatsilver cocok bagi pengguna yang sangat memperhatikan penampilan.