Manfaat buah bit untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Anda Dambakan

Manfaat buah bit untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Anda Dambakan

Manfaat Buah Bit – Bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Dengan kata lain, bit tetap merupakan keluarga dari sayuran lobak dan sayuran akar lainnya. Umumnya, buah ini hanya digunakan bagian akarnya yang lunak untuk obat kesehatan. Namun seiring waktu, daging dan daun buah juga banyak dikonsumsi. Berikut manfaat buah bit untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Antioksidan yaitu senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas berbahaya ke dalam tubuh. Antioksidan juga dapat mencegah stres oksidatif yang merusak sel-sel baik di tubuh Anda.

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh terhadap berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Manfaat buah bit ternyata karena didalamnya terdapat kandungan fitonutrien yang tinggi untuk melawan penyakit, sebagai antioksidan, vitamin dan mineral. Bahkan, bit dianggap sebagai sumber buah yang banyak mengandung fitonutrien, yaitu betalain. Betalain baik untuk kesehatan kulit. Selain itu juga, betalain dapat membantu melindungi beberapa jenis kanker dan penyakit lain di tubuh Anda.

2. Detoksifikasi Alami untuk Tubuh (Ginjal dan Hati)

Tubuh sebenarnya dapat melakukan detoksifikasi, ini terjadi secara alami agar Anda tidak mengalami keracunan. Pertama, ada detoksifikasi ginjal yang menyaring darah dan menghasilkan urin.

Lalu ada paru-paru yang menghilangkan karbon dioksida dari oksigen yang dihirup. Ada kulit yang berfungsi mendorong racun dan partikel berbahaya lainnya untuk keluar melalui pori-pori. Selain itu, beberapa hati memainkan peran penting dalam detoksifikasi, termasuk mengeluarkan racun dan zat berbahaya lainnya dari darah.

Penelitian ini menguji tikus yang telah diberi buah bit sebelumnya, tikus ini sebelumnya telah mengalami kerusakan pada sel-sel tubuhnya. Setelah menerima bit secara teratur, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menunjukkan bahwa tikus-tikus ini lebih sehat.

Hasil ini ditemukan dalam tubuh tikus, yang menunjukkan bahwa tingkat enzim mereka meningkat jadi lebih baik dan organ-organ detoksifikasi dalam tubuh tikus menjadi efektif dalam menghilangkan racun karena konsumsi bit. Jangan lupa juga konsumsi kombinasi jus bit, wortel dan mentimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan racun hati yang mengendap di kedua organ.

3. Dapat Mencegah Hipertensi

Telah terbukti bahwa minum jus bit ini mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan nitrat, yang juga ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, mampu menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts dan London School of Medicine dan Peninsula Medical School juga menyarankan cara murah ini untuk mengurangi hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit dan sayuran kaya nitrat lainnya akan membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah bit juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk memerahkan bibir secara alami. Anda ingin mencobanya?