Metode Sterilisasi Yang Sering Digunakan Di Rumah Sakit

Metode Sterilisasi Yang Sering Digunakan Di Rumah Sakit

Sterilisasi berasal dari kata “steril” yang berarti “suci” atau bersih, bisa juga kita artikan “bebas”. Dalam dunia kesehatan yang dimaksud dengan steril adalah bebas dari mikroorganisme yang bersifat patogen yang dapat menempel pada satu benda tertentu. Istilah ini juga digunakan dalam dunia medis. Sterilisasi alat – alat kesehatan menjadi satu kewajiban yang harus dijalankan.

Sterilisasi itu sendiri terdapat banyak sekali jenisnya, sedangkan dalam dunia medis kita mengenal ada sterilisasi fisik dan kimia. Steriliasi fisik meliputi sterilisasi dengan metode panas kering, panas basah dan radiasi sinar uv pada ruangan. Sedangkan secara kimia dilakukan dengan menggunakan larutan desinfektan.

Macam Metode Steriliasi Medis Di Rumah Skait

Sekali lagi, sterilisasi tidak hanya dilakukan pada bidang kesehatan saja, melainkan yang lainnya juga seperti industri dan juga pertanian. Berikut ini metode sterilisasi yang ada di rumah sakit dan atau klinik.

# Sterilisasi panas uap bertekanan

Metode sterilisasi pertama dan yang cukup banyak digunakan yaitu sterilisasi menggunakan panas uap bertekanan. Selain melibatkan panas yang berasal dari uap, proses ini juga dilakukan dalam tekanan yang tinggi. Metde sterilisasi ini dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan autoclave.

# Sterilisasi Panas Kering

Kedua, sterilisasi alat – alat medis dengan metode panas kering. Yaitu panas yang dihasilkan dari radiasi sinar infra merah bersuhu tinggi melalui udara. Proses sterilisasi ini juga dilakukan dengan menggunakan alat khusus yaitu sterilisator kering.

# Sterilisasi Sinar UV

Metode sterilisasi berikutnya bukan digunakan untuk mensterilkan alat – alat medis, melainkan digunakan untuk mensterilkan ruangan yang berada di rumah sakit seperti ruang NICU, ruang Operasi dan lain sebagainya. Alat yang digunakan dalam proses sterilisasi tersebut yaitu lampu UV sterilizer dimana lampu tersebut memancarkan sinar UV yang akan menghilangkan mikroorganisme di dalam ruangan tersbut.

Nah itulah beberapa proses sterilisasi yang biasanya dilakukan di rumah sakit atau klinik. Adapun sebelumnya, biasanya alat – alat dicuci bersih kemudian dilakukan perendaman menggunakan zat kimia. Informasi untuk anda yang sedang membutuhkan alat sterilisasi untuk kebutuhan rumah sakit, anda bisa kunjungi www.jualautoclave.com. Website resmi yang Distributor Autoclave Indonesia. Sekian, semoga bermanfaat !