Melestarikan Pakaian Kebaya Asli Budaya Nusantara

Melestarikan Pakaian Kebaya Asli Budaya Nusantara

Kebaya adalah jenis pakaian tradisional yang masih digunakan sampai sekarang dan masih dikembangkan oleh desainer. Kebaya telah ada sejak jaman dahulu, sejak tahun 1500-an, dan telah digunakan oleh banyak wanita, baik pribumi maupun wanita Belanda yang pada waktu itu juga menggunakan banyak kebaya sebagai pakaian resmi mereka. Dengan menggunakan kebaya, serta membuat model kebaya terbaru, seperti jenis kebaya modern, kita telah melestarikan warisan seni budaya kebaya di nusantara.

Model kebaya yang digunakan oleh wanita sekarang telah mengalami perubahan yang cukup drastis, dilihat dari model, bahan dan warna yang digunakan, meskipun masih menggunakan karakteristik pakaian kebaya yang khas dan klasik. Kebaya tradisional masih banyak dipakai terutama oleh orang Jawa, Sulawesi, Sumatra dan Bali.

Di Bali sendiri, pakaian kebaya sering digunakan karena selalu ada ritual keagamaan yang harus dilakukan hampir setiap hari. Seperti bersyukur atas berkah yang telah mereka terima, menghormati keagungan alam baik dalam bentuk persembahyangan atau memberikan sesajen. Karena itu, orang Bali, terutama wanita, sering terlihat menggunakan pakaian kebaya ini.

kebaya berbagai model yang cantik

Saat ini kebaya sangat mudah ditemukan di toko-toko pakaian. Bahkan toko online pun telah banyak yang menjual kebaya denga berbagai model. Mulai dari kebaya kutubaru, hingga model kebaya modern. Anne Avantie adalah salah satu perancang busana terkenal Indonesia yang banyak berjasa dalam memperkenalkan kebaya hingga keluar negeri. Tak salah jika rancangan Anne Avantie menjadi salah satu yang paling mahal karena desainnya yang memukau.

Tidak mengherankan bahwa pakaian kebaya bisa mempunyai harga hingga puluhan juta. Alasan untuk tingginya biaya kebaya adalah kualitas bahan yang terbaik, model yang rumit dan merek kebaya menjadi faktor harga yang lebih mahal. Namun, banyak juga kebaya yang berharga ratusan ribu. Meskipun kualitas berbeda, namun tetap tidak mengecewakan.

Saat ini, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari kebaya. Karena teknologi semakin maju, Anda tinggal belanja dari smartphone tanpa perlu repot pergi ke toko, pasar ataupun mall.

Tinggal duduk manis dan kebaya pun sampai ke rumah Anda. Yang perlu Anda perhatikan dalam berbelanja online adalah belanja dari toko yang sudah mempunyai nama. Hal ini bisa dilihat dari review pembeli, kepuasan customer dan lainnya.

Semoga kita bisa terus melestarikan pakaian kebaya budaya asli nusantara ini.