Senang Dengan Dunia Teknologi? Daftar Jurusan Berikut Layak Dipertimbangkan

Senang Dengan Dunia Teknologi? Daftar Jurusan Berikut Layak Dipertimbangkan

Jurusan teknologi memang menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati, selain karena prospek kerjanya yang begitu luas namun jurusan ini dianggap sebagai jurusan keren untuk dipamerkan kepada orang lain. Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin menjadi juga menjadi salah satu penyebab jurusan teknologi begitu diminati, terlebih saat ini ada sistem kuliah karyawan online yang memungkinkan pegawai mendapatkan pendidikan lebih tinggi tanpa harus mengorbankan pekerjaannya. Bagi yang berminat untuk mengambil jurusan teknologi, berikut ada beberapa rekomendasi jurusan yang berhubungan dengan teknologi:

Teknik Informatika (Computer Science)

Tidak sedikit orang yang sulit membedakan antara kuliah S1 Sistem Informasi dengan Teknik Informatika, padahal dua jurusan kuliah yang satu ini jelas berbeda satu sama lain. Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara mengembangkan computer vision, robotic, intelligence system, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang, sehingga jurusan ini amat sangat berbeda dengan sistem informasi yang mempelajari bagaimana cara membangun dan menerapkan teknologi informasi tersebut dalam sebuah bisnis sehingga efektif dalam mencapai tujuan.

Karena berhubungan dengan pengembangan teknologi masa depan, kurikulum yang dipelajari pada jurusan ini sangat kental dengan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan logika matematika, komputasi, dan juga algoritma yang dalam metode penerapannya dinyatakan dalam sebuah pengembangan program komputer.

Cakupan ilmunya sendiri untuk jurusan Teknik Informatika ini terdiri dari spektrumnya yang sangat beragam mulai dari yang sangat teoritis dan algoritmis, hingga kepada cakupan ilmu yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas. Cakupan seni terbagi menjadi tiga bagian utama yang lebih fokus pada teori dan juga algoritma yang biasanya digunakan dalam proses perancangan dan implementasi perangkat, perancangan sistem perangkat keras serta komponennya, dan juga sebagai model matematis dalam menyelesaikan sebuah permasalahan tertentu.

Teknik Komputer (Sistem Komputer)

Sebagai salah satu alat atau teknologi terkini yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia, tidak heran karunia-nya jurusan dari teknik komputer ini menjadi jurusan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa. Selain menawarkan prospek kerja yang menjanjikan dewasa ini,  prospek kerja alumni dari jurusan teknik komputer juga menjanjikan di masa depan jika melihat perkembangan teknologi akhir-akhir ini. Meski terbilang memusingkan, namun jurusan Teknik Komputer masih banyak diserbu oleh mahasiswa.

Jika disebutkan jurusan Teknik Komputer, kebanyakan orang memikirkan tentang masalah hardware saja. Memang benar teknik komputer mempelajari tentang hardware, namun cakupan pembelajarannya sendiri tidak terbatas pada hardware saja. Teknik Komputer dikenal dengan istilah lain yakni Sistem Komputer, merupakan salah satu jurusan yang mengintegrasikan Teknik Elektro dan ilmu komputer dalam pengembangan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan juga jaringan komputer (network).

Jurusan yang satu ini lebih mengacu pada bagaimana cara merancang dan membangun sebuah ‘otak’ dari komputer ataupun alat elektronik lainnya yang nantinya akan mengontrol jalannya sebuah sistem, bentuknya sendiri yakni berupa processor atau chip yang biasanya terdapat dalam motherboard. Bagi yang sibuk bekerja namun tetap ingin kuliah di jurusan ini, bisa mencari universitas yang menyediakan kuliah karyawan online untuk jurusan Teknik Komputer.

Sistem Informasi (Manajemen Informatika)

Mengambil kuliah Sistem Informasi menjadi salah satu rekomendasi ketika anda ingin belajar tentang teknologi, jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang bagaimana membangun serta menerapkan sebuah teknologi informasi dalam proses bisnis yang sedang berlangsung untuk mencapai sebuah tujuan dengan jalan yang efektif menggunakan bantuan IT dalam bisnisnya.

Kurikulum yang dipelajari pada jurusan ini lebih ditekankan pada bagaimana memastikan agar sebuah teknologi dan juga sistem informasi tersebut dimiliki selaras dengan strategi bisnis sebuah perusahaan, tujuannya yakni menciptakan keunggulan kompetitif dalam sebuah persaingan.

Cakupan ilmu ketika menjalankan kuliah S1 Sistem Informasi ini lebih berfokus pada teknik mengintegrasikan solusi dari teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan sebuah organisasi mengenai informasi dapat dipenuhi dengan baik, dalam hal ini informasi dijadikan sebagai sebuah sumber daya yang sangat penting dalam melakukan produksi terutama kaitannya dengan korporasi dalam sebuah pencapaian visi dan misi.

Selain itu Sistem Informasi juga mempelajari berbagai aspek penting bagaimana sebuah informasi dapat diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam sebuah institusi.

Bagi yang tidak menyukai hal-hal yang rumit dan direpotkan dengan dunia coding ataupun pemrograman, tiga jurusan di atas tentunya tidak cocok untuk dipilih sebagai jurusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Masih ada banyak jurusan perkuliahan lainnya yang bisa menarik perhatian dan juga memiliki prospek yang tidak kalah menarik, beberapa diantaranya bahkan menyediakan kelas kuliah karyawan online yang tentunya akan sangat memudahkan dalam kegiatan proses pembelajaran.