Ancaman Baru Dari Microsoft Surface

Judul di atas bukan sekadar basa basi, tapi kehadiran Microsoft Surface benarbenar membuat pesaingnya dari Apple dan Samsung ketar ketir. Wajar saja, karena vendor yang sudah lama malang melintang di dunia software kini mulai merambah segmen hardware, yaitu tablet. Microsoft Surface memang dirancang sebagai sebuah perangkat moderen. Fitur paling berguna dari tablet berbasis Windows ini ialah dapat berdiri sendiri. Dengannya, pengguna bisa chat dan menyaksikan media apapun seperti video tanpa menggunakan tangan.

Dan sistem operasi ini sudah support multitasking, alias bisa membuka lebih dari satu aplikasi pada waktu bersamaan. Kemampuan multitasking bisa dibilang merupakan relatif baru di dunia tablet, yang tentunya bisa membantu penggunanya untuk meningkatkan produktivitas.

Di Windows RT sendiri pengguna sudah bisa menemui Office Home yang telah terinstall, yang didalamnya terdapat Word, Excel, PowerPoint, ublisher Windows Mail dan banyak lagi untuk membuat pengguna bisa tetap bekerja. Tak ada gading yang tak retak, ada sedikit kekurangan dari Microsoft Surface, yaitu pada urusan aplikasi dimana pengguna bisa membeli aplikasi dari Windows Store, namun tidak dibolehkan download aplikasi pihak ketiga (third party). Microsoft berkilah langkah ini semata-mata untuk keamanan, yakni melindungi Surface dari virus berbahaya yang mungkin terselip di aplikasi pihak ketiga itu.

Selain itu, Microsoft juga menawarkan Touch Cover dan Type Cover yang dapat dibeli secara terpisah. Semua ini akan melindungi layar tablet, juga menawarkan ragam ketik keyboard. Touch Cover merupakan keyboard sensifif ditekan dengan tombol Windows spesifik. Ia juga memiliki trackpad yang memungkinkan untuk menavigasi Surface dengan cepat dan mudah. Namun, karena ia terlalu “lembut”, maka pengguna harus membiasakan diri untuk akrab menggunakannya.

Touch Cover tersedia dengan warna merah, putih, hitam, magenta dan hijau cyan. Sedangkan Type Cover berperan sebagai keyboard Qwerty dan memiliki sejumlah kolom key, key Windows shortcut dan key pengarah. Key-key ini akan memudahkan pengguna untuk mengetik dengan cepat dan akurat. Harga Microsoft Surface RT, untuk varian 32GB adalah Rp4,7 juta, sedangkan untuk tipe 64GB dilepas dengan kisaran Rp6,6 juta. Bila harga iPad semua tipe sekarang ini berkisar antara 5 hingga 8 jutaan rupiah, mampukah Surface menjatuhkan iPad? Kita tunggu saja.

Berdasarkan cerita dari orang yang sudah menjajalan kemampuan Microsoft Surface, menurutnya tablet ini tidak hanya nyaman digunakan untuk bekerja. Namun untuk bermain game poker online banyak bonus juga tidak kalah nyamanya. Meskipun dimensi layarnya kecil, kualitas yang dihasilan terbilang bagus dan memuaskan.