Pilihan Susu yang Tepat untuk Anak

Pilihan Susu yang Tepat untuk Anak

generasimaju.com – Kita semua setuju, asupan terbaik buat anak adalah ASI. Berikan ia ASI eksklusif hingga berusia 6 bulan. Setelah itu, kita bisa memberinya makanan pendamping hingga berusia 1 tahun, salah satunya susu. Susu bisa menjadi pilihan mengingat kaya akan gizi. Sebelum memilih susu formula, ada baiknya kita memperhatikan kriteria susu yang baik dipilih. Berikut tipsnya.

¦ Mengikuti aturan Codex Alimentarius Comission Produsen susu harus mengikuti aturan yang dibuat oleh Codex Alimentarius Comission yaitu lembaga yang mengawasi kualitas susu dunia. Selain itu, harus pula mengikuti aturan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

¦ Perhatikan reaksi alergi. Beberapa anak mengalami alergi terhadap protein susu sapi. Bentuknya bisa mual, muntah, diare, pusing, dan lainnya. Bagi yang menderita alergi, bisa memilih susu soya berbahan kedelai, susu hydrolisis parsial, dan hydrolisis ekstensive. Protein yang menyebabkan alergi pada produk-produk susu ini telah dipecah dalam proses pembuatannya.

¦ Perhatikan kemasan. Umumnya kemasan susu formula sudah dirancang dengan baik; dimasukan ke dalam kertas alumunium lalu dikemas dalam kotak kardus atau kaleng. Tetapi tetap perhatikan kualitas kemasan saat membeli, jangan pilih yang yang kardusnya sobek atau kalengnya penyok karena bisa saja merusak kualitas susu.

¦ Perhatikan kedaluwarsa. Umumnya, kedaluwarsa susu hingga satu tahun sejak dari proses pengemasan. Susu yang kedaluwarsa, nilai gizinya berkurang dan dapat mengganggu kesehatan anak, sakit perut misalnya.

¦ Perhatikan usia peruntukkan. Susu diperuntukkan secara khusus untuk anak usia tertentu. Sebab, gizi yang terkandung di dalam susu formula disesuaikan dengan kebutuhan pada anak usia tersebut. Susu formula untuk anak usia 1-3 tahun umumnya diperkaya dengan AA, DHA, ALA, dan lainnya yang akan mendukung pertumbuhan otak anak.

Soalnya di usia ini pertumbuhan otak anak sedang pesat dan perlu asupan nutrisi yang sesuai. Berikut ini kami berikan perbandingan produk susu bubuk untuk usia 1-3 tahun. Mama bisa melihat dan membandingkan kandungan gizi, rasa, kemasan, juga harganya.