Barang Upcycle Bertema Industrial

Barang Upcycle Bertema Industrial

Memberikan alur hidup (life cycle) baru pada barang bekas dengan mengambil tema industrial. Itulah tema yang ingin diangkat sang desainer saat merancang interior kafe ini. Banyak orang yang enggan memanfaatkan barang bekas sebagai elemen dekorasi ruang karena takut tempatnya menjadi kumuh dan berantakan. Tapi Iqra Firdausy, salah satu desainer interior Cafe Never Been Better di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, ini mengatakan bahwa barang bekas bisa tampil berkelas dan jauh dari kesan kumuh.

Begitu juga dengan kesan berantakan, yang belum tentu memperburuk tampilan interior. Bahkan, kesan berantakan dapat memperkuat konsep interior, khususnya bagi Anda yang suka dengan desain bertema industrial. Desain industrial memang memiliki keterkaitan dengan dunia industri. Ciri khas desainnya yaitu penggunaan material asli yang ditonjolkan. Jadi, kesan yang didapatkan adalah kesan yang tegas dan kuat.

Untuk membuatnya menarik, ada beberapa hal yang Daus jadikan acuan dalam mendesain kafe ini. Material bekas yang dipilih harus sesuai dengan konsep desain industrial termasuk elemen bangunan lainnya seperti lantai, dinding, dan plafon. Untuk barang bekasnya, Daus tidak ingin menggunakan barang asal.

Syarat keawetan menjadi fokus dalam memilih barang yang hendak ia gunakan. Selain itu, memanfaatkan barang bekas bukan berarti semua harus bekas. Ia tetap memadupadankan dengan material baru, sehingga tercipta tampilan yang menarik. “Kuncinya, saat mendesain harus berpikir kreatif dan out of the box,” kata Daus. Ini dia inspirasi barang bekas yang ada di seantero kafe ini.

Boks kayu bisa dimanfaatkan sebagai penutup dinding lho! Misalnya dinding ini yang ditutup dengan boks kayu bekas pengiriman barang-barang elektronik. Daus dan timnya membongkar satu persatu boks kayu tersebut lalu meratakannya hingga berbentuk papan. Rangka besi serta cap merek dagang dari boks kayu tersebut sengaja dibiarkan untuk memunculkan identitas barang bekas dari penutup dinding unik ini.

Bila diperhatikan bagian atas meja atau top table ini terbuat dari tetrapack bekas. Tetrapack adalah lapisan berwarna perak yang biasa ada pada bagian dalam kemasan minuman. Top table daur ulang tetrapack ini dapat dibeli dalam bentuk papan yang diproses melalui sistem press dan cetak di pabrik.

Bila diperhatikan, besi-besi kecil yang mengelilingi lampu bukanlah kawat melainkan gantungan baju. Dengan berpikir out of the box, siapa sangka gantungan yang biasanya ada di lemari bisa “naik pangkat” jadi kap lampu gantung yang indah. Unik! Daur ulang tidak melulu dilakukan pada barang-barang yang bentuknya indah saja.

Misalnya jerigen bekas ini. Kombinasi jerigen dengan lampu akan menghasilkan lampu gantung unik yang akan mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Menarik! Siapa sangka baling-baling kipas angin bekas ternyata bisa jadi partisi sekaligus dekorasi dinding yang indah. Pilih baling-baling kipas angin berbagai warna lalu gantung pada rangka besi. Voila! kini partisi yang unik akan menghiasi rumah Anda.

Sebuah cafe tentunya membutuhkan genset sebagai listrik cadangan. untuk mendapatkan genset dengan harga murah bisa membelinya dari suplier resmi genset silent di Jakarta. disana memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.