Polimer Alam – Pengertian, Sifat, Macam Macam, Contoh

Polimer Alam – Pengertian, Sifat, Macam Macam, Contoh

Polimer Alam – Apa itu polimer? dan benda apa saja yang termasuk di dalam polimer alam. Maka disini kami akan membahas secara detail tentang pengertian, macam macam, jenis, sifat, dan contoh dari polime alam.

Tentu saja, Anda telah menemukan pertanyaan seperti kimia: apa yang dimaksud dengan polimer alami dan memberikan contoh? Apakah Anda tahu apa polimer alami itu dan misalnya? Bagaimana polimer alami dan contoh polimer alami?

Mungkin kita memiliki bahan dan contoh definisi polimer alami, tetapi kita lupa. Jadi, untuk ini, kami akan memberikan penjelasan tentang arti polimer dan contoh alami. Sebelum membahas definisi polimer alami dan, misalnya, kami terlebih dahulu menjelaskan pengertian polimer.

Polimer berasal dari kata poli yang berarti banyak dan kerapu yang berarti bagian. Jadi polimer adalah senyawa yang dibentuk dengan menggabungkan satuan molekul kecil menjadi lebih banyak. Polimer itu sendiri berdasarkan sumber dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Polimer Alami
  • Polimer Sintetik

Sekarang di sini kita akan membahas polimer alami, kemudian kita akan menganalisis polimer sintetik. Berikut adalah penjelasan tentang apa itu polimer dan, misalnya, kami juga menjelaskan sifat polimer alami.

polimer alam

Pengertian Polimer Alam

Polimer alami adalah polimer yang tersedia di alam dan terbentuk secara alami. Polimer alami adalah polimer yang terbentuk karena reaksi kondensasi alami. Polimer alami dapat berasal dari bahan-bahan alami seperti kayu, kapas, karet alam, rambut, dan kulit binatang.

Kebanyakan polimer alami dibentuk oleh reaksi kondensasi. Namun, beberapa terbentuk karena penambahan polimerisasi, yaitu, polyisoprene / karet alam.

Sifat polimer alam

Sifat alami polimer adalah menyerap air dengan mudah, kurang stabil, tidak stabil karena pemanasan dan sulit terbentuk.

Contoh Polimer Alam

Contoh polimer alami adalah monomer karet / poliisoprena (2-metil-1,3-butadiena / isoprena), protein (monomer asam amino), selulosa (glukosa monomer), asam nukleat nukleat, glikogen, pati dan quintina.

Berikut Contoh polimer alam dalam bentuk tabel :

PolimerMonomerPolimerisasiTerdapat Di
Karet AlamIsopreneAdisiGetah karet alam
ProteinAsam aminoKondensasiWol, Telur, Susu, daging, sutera
SelulosaGlukosaKondensasiSayur, Kapas, kayu
AmiliumGlukosaKondensasiBiji bijian, Akar umbi
Asam NukleatNukleotidaKondensasiRNA, Molekul DNA

Itulah penjelasan lengkap tentang materi polimer semoga bermanfaat…

sumber : https://rumus.co.id/